Selasa, 17 September 2013

Belajar

Beberapa orang cenderung untuk mempercayai apa yg mereka baca di buku-buku, tapi gagal menangkap apa yg mereka lihat dlm dunia nyata. Sebagian orang percaya akan adanya orang-orang hebat di luar sana dan ingin berjumpa dengannya, tapi mereka tak pernah menyadari kehebatan pribadi mereka sendiri atau bahkan mereka tak pernah mengenali orang-orang hebat di tengah mereka, teman, murid, atau keluarga. Terkadang mereka malah mengejeknya, keakraban yang ada seakan-akan membutakan mereka.

Belajar pembinaan karakter adl pembelajaran utama yg harus di lakukan oleh segenap manusia, baik untuk pribadi maupun lingkungan. Sayangnya kebanyakan orang menjadikan pembentukan karakter (pun pembelajaran lain) hanya sebagai sarana untuk memperoleh posisi dan harta yg baik. Pelayanan apapun yg di tawarkan mereka terhadap masyarakat hanyalah sekedar basa-basi. Belajar mempunyai nilai praktis dan idealis, selain membentuk karakter, jg akan memampukan kecakapan secara umum untuk hidup dalam masyarakat. Belajar bukanlah sebuah ritual agar memiliki kedudukan ataupun harta. Hormatilah kekuasaan, tapi jangan jadikan ia tuhan.

Banyak orang dapat mengutip kalimat indah dari apa yg mereka baca, tapi tak pernah mampu menjalankan apa yg mereka pelajari (termasuk saya). Belajar seharusnya membantu kita untuk meningkatkan level diri kita pribadi, tapi sayang, saya mengamati bahwa beberapa orang cenderung untuk menjadi sombong hanya karena mengetahui yg orang lain tidak tahu. Mereka bangga akan ilmunya, tidak menghargai yg lebih rendah dan tidak menghormati yang lebih tinggi. Jika pengetahuan membuat kita bersikap seperti itu, lebih baik jika kita tidak berpengetahuan sama sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar