Rabu, 25 Desember 2013

Natal

Hmmm..setiap tahun selalu saja permasalahan yg sama di ulang dan di angkat secara berkelanjutan..sebenarnya apasih natal? Natal=kelahiran kan? Dalam istilah medis setau saya begitu..
Dalam banyak redaksi Natal adl perayaan kelahiran Yesus, Isa putra Maryam as..dimana beliau juga adl Nabi kita..bagi sebagian orang (mayoritas Kristen,apalagi Kristen abangan) mengucapkan Selamat Natal adl sebuah penghargaan dan kegembiraan atas lahirnya Yesus, bagaimanapun anggapan mereka..tp toh Yesus/Isa juga Nabi kita, yg sewajarnya pula jika kita "bergembira" dg "hanya" mengucapkan selamat Natal..saya pribadi percaya, tak ada seorang Muslim pun yg setuju atau bahkan membenarkan bahwa Yesus/Isa as. adl Tuhan..percaya bahwa muslim cukup arif menata hati untuk tidak terjebak dlm makna natal yg d selewengkan..maka dg ikut bergembira dg perayaan kelahiran Yesus/Isa apakah itu berarti seorang Muslim juga percaya bahwa Yesus adl Tuhan? Sungguh paradoks..
Toh kita juga merayakan kelahiran kita,teman-teman kita..jd dengan ikut mengucapkan "selamat Natal" sama dg percaya akan ketuhanan Isa as, saya kira adl suatu hal yg naif..lha wong di QS. At-Taubah ayat 6 saja kita boleh kok melindungi orang kafir (otomatis ritual2nya juga), juga Nabi dl membolehkan masjid Nabawi di gunakan sbg tempat utk melaksanakan ritual keagamaan kristen, kok sekarang "cuma" ucapin natal aja di bilang ngerusak aqidah..
Dan pengucapan selamat Natal disamakan dg ucapan syahadatain? Sungguh keterlaluan, menyamakan kalimat agung tersebut dengan sebuah kalimat "tak berarti"..
Dan memang sebaiknya juga kita ga lebay dlm mengucapkan natal sampe-sampe ikut berpesta pora yg sia-sia..sampe-sampe kita larut di dalamnya..dan memang, ketika kita mengucapkan natal, di khawatirkan kita akan terjerumus dlm hal-hal lebay bin sia-sia itu maka sungguh di wajibkan bagi kita senantiasa berhati-hati..
Dan bagi yg mempunyai sahabat, saudara, karib, kerabat, bos yg demi hubungan baik, demi kerukunan, demi penghormatan, dan demi kelancaran dakwah, kelancaran dialog dan diskusi keagamaan maka ucapkan dan jagalah selalu hati dan iman-mu..

Wallahu'alam bis showab..
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar