Rabu, 15 Mei 2013

Perjuangan Menuju Khilafah

Santer ku dengar gaung dan roma-roma keinginan sebagian muslim untuk mendirikan Khilafah,Muktamar-Muktamar Khilafah pun di adakan di seluruh Indonesia.

Sudah ku ikuti pula halaqoh-halaqoh mereka, hingga sedikit banyak aku mengerti apa sih tujuan mereka itu?

Tujuan yg sangat-sangat mulia untuk menyatukan Umat Islam,membawa kembali syariat Islam untuk di tegakkan..

Namun dari dalam pula aku sangat-sangat menyadari kelemahan-kelemahan pemikiran dan tujuan ini..apa yang hendak mereka perjuangkan itu tak mereka pahami seutuhnya, aku tak mengatakan mereka salah, tapi menurutku itu hal yang sia-sia di lakukan di saat-saat ini..kenapa aku bilang sia-sia? Ya karena pondasinya masih lemah, apa pondasinya? Ya Umat Islam sendiri, banyak dari kita yang meskipun muslim dan berusaha menjalankan Islam sebaik mungkin masih saja terjerumus hal-hal sepele, memahami, menelaah, meneliti dalil,ayat, dan aturan-aturan pun msh sebatas "Daki" ya aku bilang "Daki" bahkan kulitnya pun masih belum kita kupas..Lalu pertanyaan nya adalah bagaimana Khilafah itu akan berdiri jika ini yg terjadi ??

Satu hal pula yg nyaris di lupakan pegiat-pegiat khilafah..AKHLAK, ya mereka meyakini bahwa akhlak akan terbentuk jika di "paksa" dengan aturan yang berlaku, tapi mereka seolah lupa perjuangan Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa salam yg paling lama adl perbaikan Akhlak,perbaikan pola pikir, dan perbaikan-perbaikan lain sebelum akhirnya syariat tersebut di tetapkan di Madinah..

Belum lagi arti khilafah dan contoh khalifah yg mereka berikan..mereka seolah tutup mata dengan banyaknya khalifah dari contoh khilafah mereka yg "nyeleneh" (saya pribadi sampai saat ini cuma mengakuin Abu Bakr, Umar, Utsman, 'Ali, dan Hasan RA sbagai khalifah yg sah, sedangkan yg lain adalah Raja dg nama Khalifah yg memimpin Kerajaan bernama Khilafah dg aturan-aturan Syariat Islam)

Pun dg adanya persatuan agama sebelum berdirinya Khilafah terdahulu, juga dg adanya hak ekslusif ke-khalifah-an oleh para ahlulbait dalam tampuk Khilafah zaman ini, yang mana saat ini pun para ahlul bait belum tergerak untuk membentuk Khilafah dan masih berfokus terhadap pelurusan aqidah dan pembentukan akhlak..

Akhir kata untuk terbentuknya Khilafah yg kita idam-idamkan seyogyanya kita para muslim agar kembali terus belajar dan memperdalam ilmu juga memperbaiki akhlak umat dengan ilmu dan pemahaman yang benar dg menghormati perbedaan dengan mencaci ataupun menghina bahkan mengkafirkan muslim lain yg tak sependapat dengan kita

Wallahu 'alam bi showab..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar