Minggu, 24 Juni 2012

الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِين

Alhamdulillahirrobbil'alamin..adalah ayat kedua Ummul Qur'an,surat Al-fatihah. Namun ada juga sebagian muslim yang menganggap ayat ini adalah ayat pertama. Perbedaan ini timbul karena perbedaan para ulama dalam menyikapi ayat "Bismillahirrahmanirrahim" sebagai ayat pertama atau sebagai permulaan bacaan seperti di semua surat yang lain (kecuali Surat At-Taubah).
Namun daripada itu tidaklah terlalu penting membahasnya karena jamak di pahami meskipun ayat pertama adalah ayat "Alhamdulillahirrobbil'alamin" tetap saja pasti kita akan membaca basmallah sebelum membaca Qur'an (dalam segala hal lebih di utamakan).
Ayat "Alhamdulillahirrobbil'alamin" sendiri bermakna "Segala Puji bagi Allah Tuhan semesta alam". Ya,dalam ayat ini kita di ajari bahwa pujian hanya layak di sematkan kepada Allah SWT saja. Pujian disini merupakan bentuk syukur kita terhadap segala nikmat-nikmatNYA yang tak terhingga. Juga pujian disini merupakan bentuk kesabaran kita terhadap apa-apa yang telah di timpakan kepada kita..
Kita dilarang untuk memuji kepada selainNYA, juga kita dilarang untuk berkeluh kesah kepada selainNYA, karena pada dasarnya segala yang terjadi adalah atas karunia dan izinNYA.
Dalam ayat ini pula Allah menyatakan kesombongan bahwa diriNYA-lah Tuhan semesta alam, tak ada sesuatu pun yang lebih hebat, lebih berkuasa, lebih memahami alam semesta selain daripadaNYA. Di haramkan bagi kita para makhluk untuk berlaku sombong, bahkan walau hanya sebesar biji sawi.
Jikalau pun kita adalah orang kaya raya, pemimpin terhebat yg tak pernah kalah, pencipta seni/barang kerajinan tingkat tinggi, motivator ulung, pemberi sedekah terbanyak dll namun itu semua hanyalah setitik bagiNYA. Pun jika kita adalah orang termiskin di dunia, seorang yang punya banyak masalah, seorang yang tak punya kemampuan apa-apa (?), dll maka jangan lupa bahwa Allah-Iah Tuhan semesta alam. Tak perlu rendah diri, minder, khawatir terhadap semua itu karena kita adalah manusia, makhluk paling sempurna yg di ciptakanNYA. Sebagai Tuhan semesta alam Allah tak akan pernah melalaikan makhluknya karena DIA-lah AR-RAHMAN dan AR-RAHIM sebagaimana di sebutkanNYA pada kelanjutan ayat ini.

Hanya Allah-lah pemilik segala kesombongan, hanya Allah-lah pemilik segala karunia
Hanya Allah-lah pemilik segala daya dan upaya
Hanya Allah-lah pemilik raga

Jangan lah bersedih cukupkanlah diri kita dengan
" الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِين "

Sent from BlackBerry® on 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar