Kamis, 25 Juli 2013

Hati

Ada sebuah hadist "Sesungguhnya dalam tubuh anak adam terdapat segumpal daging. Jika ia baik maka baiklah tubuh itu seluruhnya, dan anggota-anggota tubuh lainnya akan baik pula. Ia adalah Hati". Dalam pada itu di lain kesempatan, di sebuah hadist Qudsi beliau juga bersabda " Bumi dan Langit tidak dapat memuatKU, tetapi hati hambaKU yang berimanlah yang lemah-lembut dan tenang yang dapat memuatKU".

Dari dua hadist di atas dapat disimpulkan ada dua kekuatan yg di miliki oleh hati, yang mana kekuatan tersebut tak dimiliki oleh organ-organ lain, yaitu :

1. Hati mempunyai kemampuan untuk memimpin seluruh anggota tubuh. Hatilah yg memberi komando bagi seluruh tubuh untuk berbuat baik pun berbuat buruk

2. Hati mempunyai kemampuan untuk mengenal lebih jauh tentang hadir dan adanya Tuhan, atau dengan nama lain Ma'rifatullah.

Daripada itu hati pun mempunyai kecenderungan yang bertolak belakang, untuk berlari mendekat kepada Tuhan dan sebaliknya ia juga cenderung berlari membelakanginya. Kecenderungan pertama adalah kecenderungan dasar hati, sedangkan kecenderungan yang kedua adalah akibat dari pengaruh-pengaruh eksternal, dan jika di biarkan maka hati akan menjadi hati yang mati.

Hati yang mati akan menghilangkan sifat-sifat kemanusiaan dari manusia itu sendiri. Dan sungguh hal tersebut patutlah agar kita hindari. Adapun di antara penyebab matinya hati adalah karena kebanyakan dosa dan kebanyakan tidur.

Tidur di satu sisi disebut istirahat, namun di sisi lain tidur identik dengan kemalasan. Dengan banyaknya tidur seseorang akan dalam kondisi lupa kepada kewajiban dan tugas-tugasnya, baik kepada manusia ataupun kepada Allah. Disinilah penyakit hati tersebut akan timbul, dan mulai menjangkiti.

Sebagai seorang muslim yang baik, tentulah kita sangat menginginkan memiliki hati yang cemerlang. Maka dari itu kita hendaknya membiasakan diri menghindari hal-hal yg dapat mematikan hati dan berusaha sebisa mungkin menjaga cahaya hati dengan memperbanyak dzikir dan ibadah.

Wallahu'alam bisshowab

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar